Selasa, 30 Agustus 2016

Brand for good

Memasuki puber ke 2 saya memiliki bebrapa ruinitas pagi yang saya namakan 4 meditasi, memang agak memaksa namun kedasyatan kata kata meditasi yang dalam benak saya adalah berpasrah ke pada ilahi,sehingga saya sangat semangat untuk bisa istiqomah bermeditasi ria, Meditasi pertama adalah meditasi  ketuhanan saya mulai dengan sholat subuh jamaah di mushola perumahan, jika ada ceramah tujuh menit dimasjid sya jadikan meditasi keilmuan, cm yang ini jarang sehingga saya ganti dengan menonton video
ceramah di youtube, hehehe insyallah sama pahalanya,berlanjut ke meditasi fisik, yaitu saya berlari 1 km memutar perumahan dan sit up sambil nonton berita,meditasi sosial dengan saya bekerja dan berinteaksi dengan sesama jongos tuhan.

apa hubungannya dengan brand for good?hahaha saya dapat kata kata brand for good dari hasil meditasi keilmuan, karena kultum waktu itu tidak ada jadi habis lari lari, sambil nyruput kopi menontonlah video hermawan kertajaya yang berjudul brand for good, ini link nya https://www.youtube.com/watch?v=P6aqO4Arjqo
dalam ceramah beliau bahwa di dalam zaman edian,eh zaman internet, era digital, apalagi ya, oh iya generasi z,bahwa marketing yang ngetrend sekarang ini adalah marketing yang tujuaanya tidak hanya cari untung saja melainkan yang berguna bagi orang banyak kalau pak hermawan mungkin menyebut people dan planet, kalau di filosofi jawa urip iku urop jadi berguna bagi orang lain kalau perlu orang lain pun masuk surga, tadi waktu di mobil saya mendengar iklan dengan membeli produk larutan cap badak bisa menyumbangkan sebagian untuk masjid,jan dunia akhirat sistem marketingnya ini, harusnya bukan lagi people, planet tapi tambah heaven, hahaha gimana sudah mulai faham brand for good?
Saya kasih contoh lagi, anda tau JNE jasa ekspedisi ini sangat wow brand for good nya,dimana dia mendatangi UKM yang kecil kecil dibantu memasarakan di luar daerah,sehingga UKM tersebut onset meningkat JNE juga kebagian keuntungan karena UKM tersebut menggunakan ekspedisinya dalam pengiriman
Apa yang dilakukan JNE juga dilakukan oleh telkomsel, dimana telkomsel membantu membuatkan toko online berbasis paket data
 Lalu untuk pelayanan kesehatan brand for good apa ya?hmmm agak sulit mencari contoh, apa karena RS ini cuma mencari profit aja ya, sedangkan People dan Planetnya tidak pernah digarap,ketika saya bekerja di RS WIyung Sejahtera saya mencoba membuat brand bahwa RS WS tidak akan menarik iuran untuk pasien BPJS,dalam beberapa bulan RS WS sudah bisa menyalip dari segi pasien dan pendapatan BPJS dari RS kompetitor, kira kira ini bisa dijadikan brand for good apa tidak ya?hehehe sangat memaksa,
Secara tidak sadar, waktu itu saya belum mengerti istilah brand for good,ternyata saya sudah melakukan brand for good dengan mendiskon pasien mualaf yang khitan di rumah khitan dr sony.
Di era digital seperti saat ini, informasi sangat muda didapatkan, pernah dengar perusahaan di Luar negri di boikot karena memeperkerjakan anak dibawah umur?dan itu menjadi viral kemana mana, bukannya efesiensi yang di dapat tetapi blunder yang didapatkan.
Saya pernah mendengar Pak yusuf Kala akan mengusulkan bahwa setiap peusahaan diwajibkan menampung tenaga kerja yang cacat,Mall yang harus menyediakan ruang untuk PKL
Nah sudah banyak kan contoh brand for good, intinya pemasaran sekarang adalah human to human sekali anda membohongi customer dan itu kan benjadi viral, dan brand anda akan hancuuuuur
Mungkin anda sering mendengar ada RS yang menahan pasien melahirkan tidak bisa pulang karena belum bisa melunasi baiaya persalinan, dan dueeeer masuk koran lgs jadi beita nasional runtuhlah reputasi RS, kenapa RS tidak bekerjasama dengan yayasan non profit untuk bisa mengatasi masalah yang selama saya kerja di RS sangat banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar